Jumat, 06 Januari 2012

Sistem Operasi

Pada artikel sebelumnya penulis membahas tentang Sistem Operasi pada handphone yang sedang booming saat ini yaitu Sistem Operasi Android,dan pada kesempatan kali ini penulis akan membahas tentang Sistem Operasi.pasti banyak yang belum tau kan apa sich sistem operasi itu?Sistem operasi dalam bahasi inggris operating system (OS) adalah seperangkat program yang mengelola sumber daya perangkat keras komputer (Hardware), dan menyediakan layanan umum untuk aplikasi perangkat lunak (Software). Sistem operasi adalah jenis yang paling penting dari perangkat lunak sistem dalam sistem komputer. Tanpa sistem operasi, pengguna tidak dapat menjalankan program aplikasi pada komputer mereka.

Sistem operasi - sistem operasi utama yang digunakan komputer umumnya pada saat ini terbagi menjadi 3 kelompok besar :
  1. Keluarga Microsoft Windows,yang antara lain terdiri dari Windows Desktop Environment (versi 1.x hingga versi 3.x), Windows 9x (Windows 95, 98, dan Windows ME), dan Windows NT (Windows NT 3.x, Windows NT 4.0, Windows 2000, Windows XP, Windows Server 2003, Windows Vista, Windows Server 2008, Windows 7 (Seven) yang dirilis pada tahun 2009, dan Windows 8 yang akan dirilis pada tahun 2012 atau lebih lambat.
  2. Keluarga Unix yang menggunakan antarmuka sistem operasi POSIX, seperti SCO UNIX, keluarga BSD (Berkeley Software Distribution), GNU/Linux, MacOS/X (berbasis kernel BSD yang dimodifikasi, dan dikenal dengan nama Darwin) dan GNU/Hurd.
  3. Mac OS, adalah sistem operasi untuk komputer keluaran Apple yang biasa disebut Mac atau Macintosh. Sistem operasi yang terbaru adalah Mac OS X versi 10.6 (Snow Leopard). Musim panas 2011 direncanakan peluncuran versi 10.7 (Lion).
Sistem Operasi secara umum terdiri dari beberapa bagian,yaitu :
  1. Mekanisme Boot, yaitu meletakkan kernel ke dalam memory
  2. Kernel, yaitu inti dari sebuah Sistem Operasi
  3. Command Interpreter atau shell, yang bertugas membaca input dari pengguna
  4. Pustaka-pustaka, yaitu yang menyediakan kumpulan fungsi dasar dan standar yang dapat dipanggil oleh aplikasi lain
  5. Driver untuk berinteraksi dengan hardware eksternal, sekaligus untuk mengontrol mereka.
Sistem operasi diklasifikasikan menjadi dua :

1.Sistem operasi berbasis teks. Contohnya adalah DOS (Disk Operating System). DOS menggunakan prompt sebagai pesan dari sebuah program yang memberitahu pengguna mengenai cara menggunakan sistem.Sistem operasi ini bersifat single tasking (hanya dapat menjalankan satu program dalam satu waktu),menjalankan prosesor pada modus real, serta hanya dapat digunakan oleh satu pengguna dalam satu waktu (single user).
2.Sistem operasi berbasis grafik (Grafhical User Interface/GUI).Contohnya adalah Microsoft windows dan linux. Sistem operasi ini merupakan program pengembangan DOS dan bersifat multitasking, yaitu dapat menjalankan lebih dari satu program secara bersamaan. Dengan Microsoft windows, kita dapat berpindah dari satu program aplikasi keprogram aplikasi lainnya hanya dengan menekan beberapa tombol keyboard,mengklik tombol mouse, atau mengklik ikon tertentu. Selain itu kita dapat juga memindahkan informasi (data) antarprogram aplikasi, mengorganisasikannya, serta mengelola file dengan mudah dan optimal.

Semoga bermanfaat ^_^




Tidak ada komentar:

Posting Komentar