Jumat, 06 Januari 2012

Sistem Operasi Android

Seperti pada komputer, handphone pun mempunyai sistem operasi,sama halnya pada sistem operasi pada komputer,sistem operasi pada handphone juga merupakan software utama yang melakukan menejemen dan kontrol terhadap hardware secara langsung serta menejemen dan mengotrol software-software lain sehingga software-software tersebut dapat bekerja.Sistem operasi pada handphone diantaranya :Sistem operasi Symbian,Windows Mobile,Sistem operasi Palm,Mobile Linux,Sistem operasi Blackberry,dan yang terbaru adalah Sistem Operasi Android,dan yang akan kita bahas kali ini adalah Sistem Operasi Android.

Android adalah sistem operasi untuk handphone berbasis Linux. Android menyediakan platform terbuka bagi para pengembang untuk menciptakan aplikasi mereka sendiri untuk digunakan oleh bermacam peranti bergerak. Awalnya, Google Inc. membeli Android Inc., pendatang baru yang membuat peranti lunak untuk ponsel. Kemudian untuk mengembangkan Android, dibentuklah Open Handset Alliance, konsorsium dari 34 perusahaan peranti keras, peranti lunak, dan telekomunikasi, termasuk Google, HTC, Intel, Motorola, Qualcomm, T-Mobile, dan Nvidia.
Pada saat perilisan perdana Android, 5 November 2007, Android bersama Open Handset Alliance menyatakan mendukung pengembangan standar terbuka pada perangkat seluler. Di lain pihak, Google merilis kode–kode Android di bawah lisensi Apache, sebuah lisensi perangkat lunak dan standar terbuka perangkat seluler.


Fitur yang tersedia di Android adalah:
  • Kerangka aplikasi: itu memungkinkan penggunaan dan penghapusan komponen yang tersedia.
  • Dalvik mesin virtual: mesin virtual dioptimalkan untuk perangkat mobile.
  • Grafik: grafik di 2D dan grafis 3D berdasarkan pustaka OpenGL.
  • SQLite: untuk penyimpanan data.
  • Mendukung media: audio, video, dan berbagai format gambar (MPEG4, H.264, MP3,AAC, AMR, JPG, PNG, GIF)
  • GSM, Bluetooth, EDGE, 3G, dan WiFi (hardware dependent)
  • Kamera, Global Positioning System (GPS), kompas, dan accelerometer (tergantung hardware)
Kelebihan dari Sistem Operasi Android antara lain : 
  1. tidak perlu bayar untuk download aplikasi. 
  2. Didukung penuh google. Jadi kita dapat menikmati semua layanan google seperti gmail, youtube, dan fasilitas google lainnya.
  3. Stabil dan nggak mudah error atau hang.
  4. Aman dari virus karena berbasis linux (kernel 2.6).
  5. Aplikasi game 3 D nya sangat stabil dan mantap.
  6. Konektivitas lengkap. Bluetooth, wifi, GPS. 
  7. Layar sentuh bagus pakai tangan nggak bisa pakai stylus.
  8. Harga relatif murah.
Sedangkan kelemahannya antara lain :
  1. Kurang nyaman untuk telepon. 
  2. Masih membingungkan bila pertama pakai.
  3. Tidak ada Microsoft office.
  4. Harus terkoneksi internet. 
  5. Belum banyak aplikasi yang tersedia.
  6. Cepat menghabiskan battre handphone
Versi-versi Sistem Operasi Android :
Sepertinya Android senang sekali menamakan Versi-versi Androidnya dengan nama makanan dan hal lain lihat saja dari Android Versi 2.3 Gingerbread atau Android Kue Jahe, Lalu dilanjutkan ke Android v3.2 Honeycomb atau Android Sarang Lebah dan yang terakhir Android v4.0 Ice Cream Sandwich atau Android Roti Lapis Eskrim. dan jika diperhatikan lebih detail lagi ternyata nama versi Android adalah urut dengan Abjad mulai dari Gingerbread ( G ) , Honeycomb ( H ) , dan Ice Cream Sandwich ( I ).Dan ada kabar bahwa Android akan merilis Android versi baru yang merupakan penerus Android v4.0 Ice Cream Sandwich dan mereka berinama Android Jelly Bean sesuai dengan kelanjutan Abjad I yaitu J (Jelly Bean).


Tidak ada komentar:

Posting Komentar