Senin, 21 November 2011

Jenis - jenis Komputer

Gan ane mau share sedikit nich tentang pengetahuan computer,pasti agan-agan gx banyak yang tau kan kalo computer itu dibagi menjadi beberapa jenis.Pembagian computer menurut jenisnya bisa kita lakukan berdasarkan :
- Cara kerjanya
- Kegunaannya
- Kapasitas kerja dan memori

            Berdasarkan cara kerja, computer bisa kita bagi atas 3 jenis yaitu : computer analog, digital dan hybrid.
           
Analog bisa kita artikan dengan Sama, Setara atau Equivalen. Jadi computer analog adalah computer yang beroperasi secara parallel atau sama dengan besaran fisik atau angka-angka yang diterimanya. Jadi computer analog sangat sesuai sekali digunakan untuk mengukur data kualitatif seperti temperature, tinggi nada suara, tegangan listrik dan lain-lain.Sebagai contoh : Penggunaan computer pada alat volt meter, jam listrik, barometer dan lain-lain.
           
            Komputer digital adalah computer yang beroperasi atau bekerja dengan angka-angka atau tanda-tanda lain seperti huruf, tanda baca, dan karakter khusus lainnya yang dalam operasinya di identifikasikan sebagai angka. Komputer digital mempunyai kumampuan kalkulasi dan manipulasi data. Karena computer ini mempunyai kemampuan kalkulasi dan manipulasi data, maka computer digital sering digunakan orang untuk aplikasi-aplikasi bisnis dan lain-lain aplikasi yang mengolah data kuantitatif.

            Komputer Hybrid adalah gabungan dari kedua jenis computer tersebut diatas.Ia bekerja atau beroperasi dengan angka atau besaran fisik yang diterimanya.Berdasarkan kapasitas kerja dan memori dapat kita golongkan computer atas, mikrokomputer , minicomputer, medium-scale computer, large-scale computer dan super computer.
           
Cara pembagian kelas computer tidak selalu demikian. Ada yang membagi atas 3 kelas, yaitu mikrokomputer, minicomputer dan mainframe.
           
Dilihat dari fleksibilitas penggunaannya, koputer dapat kita golongkan atas computer seba guna (general purpose), dan computer untuk penggunaan khusus (special purpose).

Mungkin cuma itu aja gan yang bisa ane share sama agan",mudah-mudahan bermanfaat ^_^

Tidak ada komentar:

Posting Komentar